Hipma Unrika Akan Adakan Seminar Nasional

BATAM (HK)-Pengurus Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (Hipma BK) Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, akan mengelar seminar nasional ‘Konseling Untuk Semua’ dan Kuliah Umum ‘Menjadi Pribadi Berkarakter’. Serta workshop Pelatihan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok dengan peserta siswa dan guru.

Acara ini akan digelar di kampus Unrika pada 8 Maret 2013 mendatang nara sumber Guru Besar BK UPI Bandung Prof Dr H Uman Suherman AS, MPd, dan Penatar Nasional Guru BK, Drs Gito Setyo Hutomo. Nara Sumber lainya, Kepala Disdik Provinsi Kepri, Yatim Mustafa, dan Kepala Disdik Kota Batam, Drs H Muslim Bidin.

Menurut Ketua Hipma BK Unrika Batam, Nurul, diadakanya seminar amupaun workshop konseling ini, karena guru BK sejauh ini masih belum paham akan tugas dan pangsinya. Sedangkan di sekolah sendiri saat ini cukup banyak guru BK bukan dari skill pendidikan BK itu sendiri.

Apalagi implikasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang baru, tentu peran guru BK sangat penting dalam Kompetensi Konselor terhadap anak didik nantinya. Maka dengan keikut sertaan guru BK pada seminar nanti, dapat membangun pemahaman setiap guru BK akan pentingnya peran dan fungsi Konselor di sekolah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan.

“Kita berharap ilmu dari seminar nanti dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru BK. Karena sebagai guru BK perlu diperlengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal kepekaan, empati, dan toleransi keberagaman siswa didik di sekolah,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut, kata Nurul, bisa menghubungi sekretariat panitia Hipma BK Unrika di jalan Batuaji No 99 di gedung D Lt 4/D412. “Bisa juga menghubungi di nomor 082173721728 atau 081364460632. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *